• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Multifungsi media Online

 on Sabtu, 23 Mei 2015  

NAMA: RASIKHAH
NIM: 1124050120
diajukan sebagai tugas UAS pada matakuliah Perkembangan Teknologi Komunikasi


         Media online  (online media)—disebut juga cybermedia (media siber), internet media (media internet) , dan new media (media baru)—dapat diartikan sebagai media yang tersaji secara online disitus web (website) internet.[1]


Media online memang memiliki banyak fungsi yang sejatinya fungsi tersebut banyak dirasakan oleh users. Fungsi tersebut memang dijadikan aji mumpung bagi users.

Media online bisa dikatakan sebagai media “generasi ketiga” setelah media cetak (printed media)—koran, tabloid, majalah, buku-dan media elektronik (electronic media)–radio, televisi, dan film/video.[2]

Media online merupakan wadah baru yang menanmpung berbagai macam kemaslahatan dan kemaksiatan. Ada banyak inspirasi, wawasan, dan kebohongan.

Kegiatan yang dilakukan dari dan atau di media online memang memiliki banyak perspektif, bahkan cenderung kearah negative. misalakan saja jual beli di online memang sangat simple dan praktis. Tapi jangan salah, coba  lihat saja bagiamana efek yang dihasilkan. Dari berbagai macam berita di dunia, penipuan banyak terjadi di media online.

Meskipun terkadang users atau pengguna internet bersikap kritis untuk melakukan perniagaan dimedia online, namun tetap saja karena media online memang banyak dan mudah digunakan. Maka kebanyakan penikmat internetpun baayk yang menghilangkan kode etik dalam media online yang baru- baru disahkan sejak 2012.

Media onlie memang diragukan dari segi kredibiltas kontennya, sebab banyaknya orang yang tidak memiliki keterampilan menulis (jurnalistik) yang memadai pun bisa mempublikasikan informasinya.

Ditambah pula dengan vasilitas media internet yang memudahkan siapaun untuk mengupload dan mengakses segala konten jurnalistik Kredibiltas tinggi umumnya dimiliki media online yang dikelola oleh lembaga pers yang juga menerbitkan edisi cetak atau elektronik.

Namun dibalik kenegatifannya memang media online juga memiliki sisi kemanfaatan pula. salah satunya banyaknya dakwah- dakwah di suatu website yang memang membooming dan memebrikan jawaban seputar masalah dunia keislaman.

Dari terciptanya media online juga, banyak sekali hasil- hasil keputusan para ulama yang dishare dari situs- situs islamai di media online. diman keputusan tersebut sangat ditunggu kabarnya oleh para pengguna media online yan islami.

Media online sudah dianggap sebagai kiblat bagi para users. Kebnayakn orang mencari segala penunjang kebutuhan sekunder, premier dan tresiernya dari media online. baik hanya sekedar untuk menbah refernsi dari informasi yang sedang dibutuhkan bahkan hingga barang yang wujudnya nyata diperlukan.

Ketika media online hadir sebagai opsi yang tujuannya utamanya adalah untuk memnuhi  dan membantu kebutuhan manusia yang semakin beraneka ragam. Maka sebenarnya media online ini bisa juga menjadi boomerang bagi users.

Olehkarenanya users harus cermat menanggapi media online yang ada. Jangna sampai users diperbudak oleh kecanggihan yang ada. Hanya karena media online itu praktis dan simple, membuat users menjadi skeptic dan apatis!



[1] Jurnalistik Online, (Bandung, Syamsul Asep M Romli, 2012), hlm., 30
[2] Ibid.

Multifungsi media Online 4.5 5 rasikha hh Sabtu, 23 Mei 2015 NAMA: RASIKHAH NIM: 1124050120 diajukan sebagai tugas UAS pada matakuliah Perkembangan Teknologi Komunikasi           Media onli...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
J-Theme