NAMA: RASIKHAH
NIM: 1124050120
NIM: 1124050120
diajukan sebagai tugas UAS pada matakuliah Perkembangan Teknologi Komunikasi
Media online (online
media)—disebut juga cybermedia (media siber), internet media
(media internet) , dan new media (media baru)—dapat diartikan sebagai
media yang tersaji secara online disitus web (website) internet.[1]
Media online memang memiliki banyak fungsi yang sejatinya fungsi
tersebut banyak dirasakan oleh users. Fungsi tersebut memang dijadikan aji mumpung
bagi users.
Media online bisa dikatakan sebagai media “generasi ketiga” setelah
media cetak (printed media)—koran, tabloid, majalah, buku-dan media
elektronik (electronic media)–radio, televisi, dan film/video.[2]
Media online merupakan wadah baru yang menanmpung berbagai macam
kemaslahatan dan kemaksiatan. Ada banyak inspirasi, wawasan, dan kebohongan.
Kegiatan yang dilakukan dari dan atau di media online memang memiliki
banyak perspektif, bahkan cenderung kearah negative. misalakan saja jual beli
di online memang sangat simple dan praktis. Tapi jangan salah, coba lihat saja bagiamana efek yang dihasilkan.
Dari berbagai macam berita di dunia, penipuan banyak terjadi di media online.
Meskipun terkadang users atau pengguna internet bersikap kritis
untuk melakukan perniagaan dimedia online, namun tetap saja karena media online
memang banyak dan mudah digunakan. Maka kebanyakan penikmat internetpun baayk
yang menghilangkan kode etik dalam media online yang baru- baru disahkan sejak
2012.
Media onlie memang diragukan dari segi kredibiltas kontennya, sebab
banyaknya orang yang tidak memiliki keterampilan menulis (jurnalistik) yang
memadai pun bisa mempublikasikan informasinya.
Ditambah pula dengan vasilitas media internet yang memudahkan
siapaun untuk mengupload dan mengakses segala konten jurnalistik Kredibiltas
tinggi umumnya dimiliki media online yang dikelola oleh lembaga pers yang juga
menerbitkan edisi cetak atau elektronik.
Namun dibalik kenegatifannya memang media online juga memiliki sisi
kemanfaatan pula. salah satunya banyaknya dakwah- dakwah di suatu website yang
memang membooming dan memebrikan jawaban seputar masalah dunia keislaman.
Dari terciptanya media online juga, banyak sekali hasil- hasil
keputusan para ulama yang dishare dari situs- situs islamai di media
online. diman keputusan tersebut sangat ditunggu kabarnya oleh para pengguna
media online yan islami.
Media online sudah dianggap sebagai kiblat bagi para users.
Kebnayakn orang mencari segala penunjang kebutuhan sekunder, premier dan
tresiernya dari media online. baik hanya sekedar untuk menbah refernsi dari
informasi yang sedang dibutuhkan bahkan hingga barang yang wujudnya nyata
diperlukan.
Ketika media online hadir sebagai opsi yang tujuannya utamanya
adalah untuk memnuhi dan membantu
kebutuhan manusia yang semakin beraneka ragam. Maka sebenarnya media online ini
bisa juga menjadi boomerang bagi users.
Olehkarenanya users harus cermat menanggapi media online yang ada.
Jangna sampai users diperbudak oleh kecanggihan yang ada. Hanya karena media
online itu praktis dan simple, membuat users menjadi skeptic dan apatis!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar