• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Pengaruh Perkembangan Teknologi Komunikasi Terhadap Dunia Jurnalistik

 on Sabtu, 23 Mei 2015  

NAMA: RASIKHAH
NIM: 1124050120
diajukan sebagai tugas UAS pada matakuliah Perkembangan Teknologi Komunikasi

Ilmu pengetahuan menjadikan tekhnologi kini semakin menjamur seiring dengan menjamurnya kemodernisasian. Nyatanya, banyak alat- alat penyokong kehidupan manusia yang dihasilkan dari berkembangnya tekhnologi. Namun, sadarkan bahwa Istilah teknologi merupakan produk ilmu pengetahuan.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia, yang dipimpin dan dikuasai oleh perdaban barat satu abad terakhir ini, mencengangkan banyak orang di berbagai penjuru dunia. Kesejahteraan dan kemakmuran material (fisikal) yang dilahirkan oleh perkembangan iptek modern membuat orang berdecak kagum dan memplagiat pola hidup peradaban barat tanpa dibarengi sikap kritis trhadap segala dampak negatif yang diakibatkanya.

Dalam sudutpandang budaya, teknologi merupakan salah satu unsur budaya sebagai hasil penerapan praktis dari ilmu pengetahuan. Meskipun pada dasarnya teknologi juga memiliki karakteristik obyektif dan netral. Dalam situasi tertentu teknologi tidak netral lagi karena memiliki potensi untuk merusak (destroy) dan potensi kekuasaan (absoulute).   

Sejatinya, teknologi memang tidak hanya tertuju pada komunikasi. Hanya saja sepertinya kehadiran teknologi komunikasi adalah penyebab utama mengapa tekhnologi- teknologi semakin banyak bermunculan.

Teknologi komunikasi menjadi satu kekuatan yang bisa mempengaruhi kekuatan sosial lainnya. Teknologi komunikasi memiliki keterkaitan dengan masalah sosial, ekonomi, politik dan budaya. Tidak berlebihan kiranya bila ada orang yang mengatakan bahwa teknologi komunikasi mempengaruhi kehidupan sosial, ekonomi, politik dan budaya.

Apalagi, sesungguhnya tekhnologi komunikasi ini sekarang mengembangkan media – media baru, yakni media online. Dimana media online ini tercipta dengan tujuan untuk memprmudah jangkauan khalayak pembaca. Baik dari segi ke-efisienan waktu dan masalah kesimple-an.

Dengan semakin berkembangnya zaman, maka berkembang juga kebutuhan Sebuah masyarakat modern yang sangat identik dan erat kaitannya dengan kegiatan jurnalisme. Terlebih pada zaman modern fase teknologi informasi, atau yang lumrah dikenal dengan cyber, jurnalisme memainkan peranan yang penting.

Karena kegitan jurnalisme tak bisa lepas dari etika yang ada. Maka jurnalistik online muncul sebagai hasil karya perkembangan jurnalistik dan generasai baru setelah jurnalistik konvensional (jurnalistik media cetak, seperti surat kabar) dan jurnalistik penyiaran (broadcast journalism—radio dan televisi). Jurnalistik online merupakan perkembangan baru dalam dunia jurnalistik. 

Kecanggihan tekhnologi komunikasi memnag membuat peradaban baru pada setiap waktunya—dalam perspektif studi media atau komunikasi massa, jurnalistik online merupakan istilah yang mengacu pada permintaan akses ke konten (isi/ informasi) kapan saja, dimana saja, pada setiap perangkat digital, serta umpan balik pengguna interaktif, partisipasi kreatif, dan pembentukan komunitas sekitar konten media, juga aspek generasi “real-time”[1]

Sifat multimedia pada jurnalistik online menjadikannya sebgai jurnalistik masa depan: wartawan tidak hanya menyusun teks berita dan menampilkan foto, tetapi juga melengkapinya dengan sura dan gmbar (audio- video)

 Pengaruh dari berkembangnya teknlogi komunikasi, rasanya saat ini kegita jurnalistik memang cenderung dimainati memalului cyber journalism, dimana seseorang tidak perlu susah payah mencari bahan informasi dengan membeli koran atau majalah. Cukup stay depan monitor dan anda dapat menikmati sajian atau rangkaian informasi dengan singkat dan tepat.

Tetapi, yang perlu diingat bagi khalayak adalah, hendaknya khlayak harus bisa memfilterisasi kegitan jurnalis yang dilakukannya. Misalnya, khalayak harus mengkritisi dari mana sumber  informasi yang diraihnya. Baik media konvensional maupun media online. sebab semakin canggih teknologi komunikasi yang dilahirkan semakin tipis pula kerealitasan dan atua ke kredibilitas konten tersebut.





[1] Jurnalistik Online, (Bandung, Syamsul Asep M Romli, 2012), hlm., 31

Pengaruh Perkembangan Teknologi Komunikasi Terhadap Dunia Jurnalistik 4.5 5 rasikha hh Sabtu, 23 Mei 2015 NAMA: RASIKHAH NIM: 1124050120 diajukan sebagai tugas UAS pada matakuliah Perkembangan Teknologi Komunikasi Ilmu pengetahuan menja...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
J-Theme