• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Sudut Pandang Komunikasi Terhadap Media Sosial

 on Sabtu, 23 Mei 2015  

NAMA: RASIKHAH
NIM: 1124050120
diajukan sebagai tugas UAS pada matakuliah Perkembangan Teknologi Komunikasi 


Komunikasi memang memiliki hubungan yang erat kaitannya dengan media sosial, dimana media sosial sebenarnya tercipta dari hasil kebutuhan komunikasi. Meskipun komunikasi yang terjalin rupanya belum tentu efektif.

Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan dari komunikator melalui komunikan. Pesan yang disampaiakannyapun tentuya melalui sebuah media, baik media cetak seperti koran, majalah dan surat kabar lainnya ataupun media elektronik seperti hlanya televisi dan radio.

Sedang media sosial merupakan saluran atau sarana pergaulan sosial secara online di dunia  maya (internet). Para pengguna (users) media sosial, berkomunikasi, berinteraksi, saling kirim pesan, dan saling berbagi dan membangun jaringan.[1]

Kehadiran media sosial, memang meudahkan segala seuatunya. Dimana seseorang tidak perlu lagi brkomunikasi secara tatap muka dan bersusah-payah mngunjungi objek yang ingin disampaikan pesannya. Cukup mnyalakan gadget atau PCnya, maka pesan yang ingin disampaikan langsung terkomunikasikan via perangkat keras. Dengan catatan, tentunya para pelaku komunikasi tersebut harus mengunkan internetnya!

Media sosisal memudahkan seseorang untuk menshare pengalaman, pesan dan keperluannya secara cepat, media sosial sanat membantu keprluan komunikasi manusia moder saat ini.

Informasi apapun dapat langsung terakses melalui kehadiran sosial media, bahkan ketika terjadi suatu fenomena menarik atau mengejutkan, dimana sebuah statsiun televisi atau sebuah siaran berita belum sempat mempublish informasi tersebut. Tetapi dengan kehadiran sosmed, para pelaku komunikasi dengan mudah dan lebih cepat sudah mengetahuinya dari teman sosial medianya. Luar biasa!

Media sosial memang dianggap penting untuk zaman sekarang. Penggunanya tak pandang usia, dari anak kecil hingga orang dewasa sekarang sudah memiliki akun di sosial media.

Kemudian, sosial media terkadang membuat siapapun dibutakan kecanggihannya.  Akibat adanya media sosial, menjadikan seseorang yang tidak memiliki prinsip baik dari berkembangnya teknologi menjadi krisis moral. Sebab, Sampai kebanyakan orang lupa waktu makan, pkerjaan dan bahkan ibadahnya.

Dengan adanya sosial media, kebanyakan orang lupa bagaiman etika yang baik dalam komunikasi. misalnya saja, seseorang sudah mulai lupa bahwa sosial media sebenarnya adalah opsi kedua saat pesan yang ingin disampaiakan tak sempat diinformasikan dengan tatap muka. Tetapi untuk saat ini, mengirim pesan untuk yang lebih tua dirasa sudah cukup jika hanya mengirimnya melalui media sosial.

Sosial media sebenarnya hanay merupakan media penyokong disaat tatap muka dirasa tak sempat untuk menyapaikan pesan. Tapi kebanyakan para pengguna media sosial justru meprioritaskan sosial media sebagai pilihan pertama dalam penyampaian pesan.

Rupanya segala sesuatu yang tercipta akan memiliki dampak, baik dari segi negatif maupun dari segi positif. Ini semua dikembalikan bagi para pengguna atau penikmat sosial media. Ada perlunya siapapun pengunanya harus menggunakan sosial media sebijak mungkin!

Sudut Pandang Komunikasi Terhadap Media Sosial 4.5 5 rasikha hh Sabtu, 23 Mei 2015 NAMA: RASIKHAH NIM: 1124050120 diajukan sebagai tugas UAS pada matakuliah Perkembangan Teknologi Komunikasi  Komunikasi memang memi...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
J-Theme